Selasa, 06 Januari 2015

SMK Negeri 2 Pamekasan BKK

BAB I
PROFIL SEKOLAH


1.1. SMK NEGERI 2 PAMEKASAN
  SMK Negeri 2 Pamekasan terletak di Jl. Raya Proppo No. 161 yang merupakan tempat yang sangat strategis karena dekat oleh gedung perkantoran, pusat pembelanjaan, lembaga pendidikan, tempat ibadah, dimana akomodasi maupun transportasi dapat dijangkau dengan mudah oleh masyarakat.
SMK Negeri 2 Pamekasan memiliki akreditasi “A” kategori Amat Baik. Dengan luasan area sekolah 3,2 Hektar SMK Negeri 2 Pamekasan memiliki 34 rombongan belajar (rombel / kelas), dimana seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan pada pagi hari. Siang hari dan hari sabtu digunakan untuk kegiatan pengembangan diri atau kegiatan ekstra kurikuler.
SMK Negeri 2 Pamekasan menyelenggarakan aktivitas pengembangan diri siswa dilakukan untuk kelas X dan XI berupa ekstra kurikuler sesuai bakat dan kemampuan siswa. Beberapa prestasi membanggakan dari keikutsertaan dalam lomba-lomba dan kejuaraan telah diraih oleh SMK Negeri 2 Pamekasan Pengembangan diri untuk kelas XII adalah berupa pengayaan / bimbingan belajar untuk mata pelajaran Ujian Nasional yaitu Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
1.2. Sejarah  SMK Negeri 2 Pamekasan
SMK Negeri 2 Pamekasan berdiri pada tanggal 01 Januari 1965 dengan SK Kepala Direktorat Pendidikan Teknologi atas nama Mentri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan No.53/Dirpt/BI/65 Berdiri di atas lahan 32.000 m2, di lokasi Jalan Proppo No.161 Kecamapatn Pamekasan Kota Pamekasan Madura.

1.3. Fasilitas yang dimiliki SMK Negeri 2 Pamekasan
a.    Ruang laboratorium IPA
b.    Ruang laboratorium Bahasa
c.    Ruang laboratorium Komputer
d.    Ruang bengkel Bangunan
e.    Ruang bengkel Audio Video
f.     Ruang bengkel Listrik
g.    Ruang bengkel Mesin
h.    Ruang bengkel Otomotif
i.     Ruang Administrasi
j.     Ruang Alat
k.    Ruang Arsip
l.     Ruang BP/BK
m.   Ruang Guru
n.    Ruang Kamar Mandi
o.    Ruang Kantin
p.    Ruang Kepala Sekolah
q.    Ruang OSIS
r.    Ruang Pemadam Kebakaran
s.     Ruang Perpustakaan
t.     Ruang Tempat Sepeda
u.    Ruang Tunggu
v.    Ruang Kelas Teori 24 Ruang
w.   Tempat dan sarana beribadah
x.    Tempat dan sarana olahraga 
1.4. PENERAPAN
a. Tujuan
Tujuan ditetapkannya Manual Mutu ini adalah :
   Memberikan arahan bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan SMK Negeri 2 Pamekasan dalam penerapan sistem yang efektif dan memenuhi peraturan yang berlaku untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan terhadap kinerja SMK Negeri 2 Pamekasan
·   Menjamin kepuasan masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan.
·   Memelihara kesesuaian penerapan sistem manajemen mutu yang memenuhi persyaratan Standar Internasional ISO 9001:2008.
SMK Negeri 2 Pamekasan akan selalu melakukan perbaikan secara berkelanjutan terhadap sistem yang telah dikembangkan, dengan tetap memperhatikan efektifitas penerapannya, tanpa mengabaikan pemenuhan terhadap persyaratan standar internasional ISO 9001:2008 dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Ruang Lingkup Penerapan
Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dalam Manual Mutu ini diterapkan pada :
Kegiatan Belajar Mengajar dan seluruh proses yang mendukung pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar di SMK Negeri 2 Pamekasan Keterlibatan segenap unsur terkait merupakan hal yang mutlak. Alasan tersebut mengharuskan seluruh karyawan di SMK Negeri 2 Pamekasan berkewajiban untuk melaksanakan seluruh proses-proses yang diterapkan di Bagian / fungsi / urusan sesuai dengan ketentuan dalam Manual Mutu ini maupun dokumen mutu lainnya yang ditetapkan.
c. Pemenuhan Persyaratan Pelanggan
Pelanggan SMK Negeri 2 Pamekasan ditetapkan menjadi :
·          Pelanggan Eksternal        : Siswa dan Orang Tua / Wali Siswa
·          Pelanggan Internal           : Guru dan karyawan SMK Negeri 1 Pamekasan
Produk SMK Negeri 2 Pamekasan yang disampaikan kepada pelanggan adalah Buku Laporan Pendidikan (Rapor), Ijasah kelulusan dan Prestasi / Kompetensi Siswa dalam hal EQ, IQ dan SQ. Untuk mengetahui/mengukur kinerja sistem manajemen mutu organisasi dari sisi pelanggan, dilakukan survey dengan menyebarkan kuesioner untuk mengetahui persepsi/tingkat kepuasan dan harapan pelanggan. Analisa untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dilakukan mengacu pada Prosedur Pengukuran Kepuasan Pelanggan . Keluhan pelanggan ditindaklanjuti berdasarkan Prosedur Penanganan Keluhan Pelanggan .

d.  Rincian Pengecualian
Dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu, SMK Negeri melakukan pengecualikan salah satu / sebagian klausul dalam persyaratan ISO 2 Pamekasan 9001 : 2008 yaitu pasal 7.6. Yaitu pada  SMK Negeri 2 Pamekasan penggunaan peralatan pada laboratorium tidak perlu dilakukan kalibrasi, karena peralatan yang digunakan pada PBM tidak  dibutuhkan kalibrasi dan verivikasi.

e.  Korelasi Persyaratan dan Penerapan ISO 9001:2008
Korelasi persyaratan dan penerapan standar SMM ISO 9001:2008 adalah hubungan antara klausul-klausul yang ada dalam persyaratan Standar SMM ISO 9001:2008 dengan penerapan Sistem Manajemen Mutu di SMK Negeri 2 Pamekasan Korelasi persyaratan dan penerapan SMM ISO 9001:2008 digambarkan dalam Matrik Korelasi  (Acuan Silang) standar ISO 9001:2008 pada lampiran Pedoman/Manual Mutu ini.

a.    Program Kehlian Yang dimiliki

1). Teknik Konstruksi Batu Beton
2). Teknik Gambar Bangunan
3). Teknik Audio Video
4). Teknik Instlasi Listrik
5). Teknik Mesin Produksi
6). Teknik Kendaraan Ringan
7). Teknik Sepeda Motor
8). Teknik Komputer Jaringan

BAB II
KEBIJAKAN MUTU SMK NEGERI 2 PAMEKASAN
2.1. Visi SekolahSMK Sebagai Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemampuan untuk Menyelaraskan Antara Kemajuan IPTEK dan IMTAQ Serta Sanggup Menghadapi Era Globalisasi.
2.2. Misi Sekolah
  1.        Menyajikan Iklim Belajar Berbasis Kompetensi Ketakwaan dan Kecakapan Hidup
  2.        Menyiapkan Siswa dengan Mengoptimalkan Potensi, Minat, dan Bakat Siswa Sebagai Tenaga Kerja  Terampil, Professional Sesuai dengan Kompetensi Bidang Teknologi dan Rekayasa.
  3.        Siswa Sebagai Asset Masyarakat dan Bangsa yang Mampu Mengembangkan Diri Sejalan dengan Perkembangan Ilmu Teknologi,  Imam dan Takwa.
  4.       Menghasilkan Tamatan yang Berjiwa Entrepreneur dan Mampu Bersaing di Masyarakat dalam Era Globalisasi
  5. 2.3. Tujuan Sekolah
    1)    Menghasilkan lulusan yang kompeten
    2)    Meningkatkan kualitas pembelajaran.
    3)    Menyiapkan peserta didik agar mampu mengembangkan sikap profesional, mampu beradaptasi dan  berkompetisi
    4)    Meningkatkan kepuasan masyarakat untuk memperoleh layanan pendidikan
    5)    Konsistensi pelaksanaan aktifitas, kendali mutu dan jaminan mutu sekolah.
    6)    Meningkatkan kesejahteraan warga sekolah.

2.4. Kebijakan Mutu SMK Negeri 2 Pamekasan
SMK Negeri 2 Pamekasan bertekad menerapkan Sistem Manajenen Mutu ISO 9001 : 2008 agar menjadi lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang bertaraf nasional, dengan kebijakan:
1)    Berorientasi mutu pada setiap kegiatannya.
2)    Mengedepankan kepuasan pelanggan, serta selalu meningkatkan kinerja pelayanan
3)    Mutu menjadi semangat dan budaya kerja kami dalam mencapai kepuasan pelanggan
1)    Sumber daya manusia harus bertanggungjawab dan melaksanakan serta melakukan penyempurnaan dan berperan aktif untuk meninjau dan
2)    memperbaiki Sistem Manajemen Mutu secara berkelanjutan  di unit kerja  masing-masing
3)    Pengembangan kesadaran lingkungan hidup menjadi perhatian kami dalam melaksanakan proses belajar mengajar
4)    Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama sebagai sumber kearifan dalam bertindak
5)    Dalam segala aktivitasnya  menerapkan budaya mutu sebagai berikut :
·         Perubahan itu masa depan
·         Pelayanan Prima
·         Learning without practising is nothing
·         Service is investment



email : smknegeri2pamekasan@gmail.com
FB  : Bkksmkndua Pamekasan






1 komentar: